Tips agar Tidak Mudah Sakit karena Sering Kehujanan
Oleh 01 Mei 2020

Tips agar Tidak Mudah Sakit karena Sering Kehujanan

Musim hujan dan cuaca yang tak menentu membuat tubuh mudah sakit. Apalagi ketika Anda lupa membawa payung dan harus kehujanan. Duh, bisa-bisa sampai rumah langsung sakit! Agar tidak gampang sakit karena kehujanan, yuk cari tahu tipsnya!

Wah, sebentar lagi musim hujan akan tiba! Yuk, intip tips agar Anda tidak mudah jatuh sakit karena sering kehujanan. 

Musim hujan dan cuaca yang tak menentu membuat tubuh mudah sakit. Apalagi ketika Anda lupa membawa payung dan harus kehujanan. Duh, bisa-bisa sampai rumah langsung sakit! Agar tidak gampang sakit karena kehujanan, yuk cari tahu tipsnya!

Tubuh sulit beradaptasi

Perubahan cuaca yang tidak menentu —terkadang hujan dan terkadang panas— membuat tubuh sulit untuk beradaptasi. Akibatnya, daya tahan tubuh menurun dan tubuh jadi mudah terserang kuman penyakit. 

Berikut beberapa penyakit ‘langganan’ musim hujan:

  • Batuk pilek

Common cold atau banyak disebut batuk pilek adalah penyakit yang paling sering dialami saat Anda kehujanan. Common cold disebabkan oleh virus yang sangat mudah bisa menyerang tubuh saat daya tahan menurun. 

Daya tahan tubuh yang kurang baik tidak mampu melawan keberadaan virus ini dalam tubuh. Hasilnya, batuk pilek pun terjadi. 

  • Diare

Penyakit kedua yang paling sering ditemukan adalah diare. Kehujanan bisa membuat tubuh tanpa sengaja menelan air hujan yang tidak bersih. 

Di musim hujan, udara cenderung lebih lembap dan air banyak yang menggenang. 

Bakteri dan virus pada area yang kotor ini mudah mengontaminasi makanan atau air yang digunakan untuk kehidupan sehari-hari. Untuk itu, pastikan makanan dan minuman serta air yang Anda gunakan bersih jika mau terhindar dari diare. 

  • Demam tifoid dan demam berdarah

Saat musim hujan, bakteri penyebab demam tifoid dan virus penyebab demam berdarah dapat mengontaminasi tubuh Anda. 

Demam tifoid merupakan penyakit yang terjadi akibat infeksi bakteri Salmonella typhi. Adapun demam berdarah adalah infeksi virus dengue yang ditularkan melalui nyamuk Aedes aegypti

Kedua sakit ini dapat disebabkan oleh sanitasi yang buruk dan tidak terjaga, misalnya mengonsumsi makanan kotor serta wadah air yang tidak rutin dikuras sehingga menjadi tempat nyamuk bersarang. 

  • Gatal-gatal

Genangan air di jalan yang menciprat ke tubuh Anda juga bisa menimbulkan masalah bagi kulit, yakni menimbulkan gatal-gatal dan infeksi jamur. Selain itu, jas hujan juga berpeluang menghadirkan jamur karena lembap dan jarang dicuci.

Tips tetap sehat saat musim hujan

Untuk itu, Anda harus lebih menjaga kebersihan setelah kehujanan agar terhindar dari berbagai penyakit di atas. Berikut adalah tipsnya untuk Anda:

  • Segera mandi dan keramas setelah kehujanan

Air hujan biasanya lebih dingin dibandingkan suhu tubuh normal. Tak heran jika sehabis kehujanan Anda dapat merasakan sakit kepala dan pusing. 

Untuk itu, mandi dan keramas dapat membantu untuk mengembalikan suhu tubuh dan membersihkan bekas air hujan. Ini adalah salah satu cara paling jitu agar tidak mudah sakit keesokan harinya. 

  • Rajin cuci tangan dan kaki

Saat tangan terkena air hujan atau cipratan lumpur, cucilah dengan menggunakan sabun antiseptik dan air mengalir. Lakukan terutama sebelum Anda makan, mengucek mata, atau memegang hidung. 

  • Konsumsi asupan kaya vitamin C

Setelah kehujanan, sangat penting memastikan daya tahan tubuh tetap baik dengan asupan vitamin C yang tinggi. 

Vitamin ini juga berguna sebagai antioksidan penangkal radikal bebas. Misalnya, jeruk, brokoli, jambu biji, dan pepaya. Selain dari makanan, Anda juga dapat mendapatkan vitamin C dari suplemen vitamin. 

Pilih suplemen vitamin C dengan kandungan 1000 mg untuk menjaga daya tahan tubuh dan yang mengandung mineral askorbat agar lebih aman untuk lambung Anda.

  • Istirahat yang cukup

Setelah hujan-hujanan, sekarang saatnya Anda beristirahat untuk mengembalikan kondisi tubuh. Dengan beristirahat cukup, Anda akan mengembalikan daya tahan tubuh menjadi seperti semula. 

  • Banyak minum air putih

Cuaca yang cukup dingin dapat menyebabkan Anda lupa atau malas minum air putih. Karena itu, jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih minimal 8 gelas per hari.

Tips sederhana di atas dapat mencegah Anda jatuh sakit walaupun sering kehujanan. Tapi yang terpenting, menjelang musim hujan seperti saat ini, Anda harus menjaga daya tahan tubuh tetap baik dengan konsumsi makanan sehat. Bekali diri dengan ‘peralatan’ khas musim hujan, seperti payung dan jas hujan, agar tidak terlalu sering basah akibat air hujan.


Article & product discussion / comment