Musim Pancaroba, Lakukan Ini Agar Tubuh Tetap Fit
Oleh 01 April 2020

Musim Pancaroba, Lakukan Ini Agar Tubuh Tetap Fit

Tibanya musim pancaroba tinggal menghitung hari saja. Setiap orang diminta untuk waspada dan selalu menjaga kesehatan dengan saksama. Pasalnya, musim pancaroba identik dengan kehadiran penyakit lantaran tubuh berada dalam kondisi yang tidak fit.

Musim pancaroba tiba, dapat menyebabkan terjadinya penyakit. Lakukan ini agar tubuh tetap fit.

Tibanya musim pancaroba tinggal menghitung hari saja. Setiap orang diminta untuk waspada dan selalu menjaga kesehatan dengan saksama. Pasalnya, musim pancaroba identik dengan kehadiran penyakit lantaran tubuh berada dalam kondisi yang tidak fit.

Faktanya, pada pancaroba di mana terjadi peralihan dari musim panas ke hujan, suhu lingkungan sekitar cenderung tidak menentu. Di situasi seperti ini, kemampuan rambut dan lendir di hidung untuk ‘menangkap’ maupun menghentikan kuman agar tidak masuk ke tubuh mengalami penurunan (lemah). 

Parahnya, kuman juga menjadi lebih kuat saat pancaroba tiba. Mikroorganisme berbahaya tersebut akan berkembang lebih pesat dan memiliki kemampuan untuk bertahan lebih lama di udara bebas.

Penyakit saat pancaroba

Berikut adalah beberapa penyakit yang rentan terjadi saat musim pancaroba dan alasan mengapa Anda rentan mengalaminya:

  • Influenza

Virus influenza memiliki kemampuan yang lebih tinggi untuk memperbanyak diri dan bertahan di udara bebas saat musim pancaroba. 

Virus tersebut juga lebih cepat menyebar, khususnya saat suhu udara sedang rendah (dingin) dan kering. Itulah sebabnya mengapa Anda lebih mudah terserang flu saat musim pancaroba tiba.

  • Alergi musiman

Musim pancaroba juga membuat beberapa orang mengalami serangan alergi musiman. 

Kondisi ini ditandai dengan gejala hidung tersumbat, hidung meler atau berair, atau mata gatal. Gejala ini muncul saat tubuh berdekatan dengan allergen, seperti serbuk bunga, jamur, rumput atau lainnya.

Respons peradangan yang timbul akibat alergi musiman menyebabkan kuman lebih mudah berkoloni pada hidung yang mengalami peradangan. 

Di saat hal ini terjadi, sistem kekebalan tubuh akan sibuk menangani alergi tersebut sehingga perlindungan terhadap kuman penyebab penyakit akan menurun. 

  • Iritasi saluran napas

Perubahan tekanan, suhu, dan angin saat musim pancaroba membuat Anda berisiko lebih tinggi untuk mengalami iritasi saluran napas. 

Di musim pancaroba dan saat hujan sedang turun, ‘air dari langit’ yang menyentuh tanah akan ikut mengangkat kuman ke udara. 

Hal tersebut membuat kuman tersebut dapat dengan mudah hinggap dan menyebabkan penyakit di orang-orang yang lewat, khususnya saat sistem kekebalan tubuh sedang melemah.

  • Diare 

Diare menjadi salah satu penyakit langganan di musim pancaroba. Penyakit ini terjadi akibat konsumsi makanan maupun minuman yang terkontaminasi oleh kuman.

Tips tubuh fit saat musim pancaroba

Agar tubuh tetap fit sehingga kuman tidak mudah menyerang dan menyebabkan penyakit saat musim pancaroba, berikut tindakan yang perlu Anda lakukan:

  • Istirahat (tidur) yang cukup, minimal 6–8 jam dalam satu hari
  • Konsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang
  • Minum air putih minimal 8 gelas dalam satu hari
  • Olahraga secara rutin dan teratur, minimal 30 menit sehari dengan frekuensi 5 kali dalam seminggu
  • Kelola stres dengan baik, misalnya dengan melakukan hobi atau meditasi
  • Jaga higienitas diri dengan mandi dua kali sehari dan mencuci tangan secara berkala
  • Sediakan perlengkapan menghadapi hujan, seperti payung, jas hujan, dan lainnya

Supaya tubuh makin fit dan penyakit tidak mudah menjangkit di musim pancaroba, Anda bisa mengonsumsi Blackmores Bio C

Mengandung bioflavonoid, vitamin C, rosehip dan acerola, Blackmores Bio C terbukti efektif dalam menjaga fungsi sistem kekebalan tubuh. Blackmores Bio C juga bisa membantu mempercepat proses penyembuhan penyakit.

Blackmores Bio C mengandung mineral askorbat yang membuat formula ini menjadi ramah di lambung. Jadi, Anda yang punya masalah lambung tidak perlu khawatir jika ingin mengonsumsi Blackmores Bio C. 

Menghadapi musim pancaroba, jangan lupa minum Blackmores Bio C sesuai dosis yang tertera di label kemasan. Jangan lupa kombinasikan dengan penerapan gaya hidup sehat, agar tubuh Anda sepenuhnya fit sehingga Anda dapat menjalani aktivitas dengan sebaik-baiknya.

 


Article & product discussion / comment