Hadapi Akhir Tahun, Lakukan Ini agar Tidak Mudah Sakit
Oleh 01 Desember 2019

Hadapi Akhir Tahun, Lakukan Ini agar Tidak Mudah Sakit

Mendekati akhir tahun, banyak pekerja yang makin sibuk karena memastikan untuk mengejar target. Imbasnya jadi sering lembur sampai memengaruhi kualitas istirahat, yang akhirnya bisa memengaruhi daya tahan tubuh. Sebelum terlambat, segera lakukan beberapa strategi agar tidak mudah sakit.

Kesibukan jelang akhir tahun bisa menguras energi dan pikiran. Sebelum itu merusak suasana, lakukan ini agar tidak mudah sakit.

Mendekati akhir tahun, banyak pekerja yang makin sibuk karena memastikan untuk mengejar target. Imbasnya jadi sering lembur sampai memengaruhi kualitas istirahat, yang akhirnya bisa memengaruhi daya tahan tubuh. Sebelum terlambat, segera lakukan beberapa strategi agar tidak mudah sakit.

Beban kerja jelang akhir tahun yang menumpuk mungkin memang sulit untuk dihindari. Namun, Anda bisa memastikan diri tetap sehat. Ingat, liburan akhir tahun sudah di depan mata.

Lakukan cara-cara ini untuk menjaga daya tahan tubuh.

  • Pilih camilan sehat untuk menemani kerja

 

Hindari kerja ditemani dengan camilan seperti gorengan, keripik kentang, kue-kue manis, atau bubble tea. Itu bisa menambah ratusan kalori ke dalam diet harian Anda. Bila konsumsinya berlebihan, itu bisa mencetuskan penyakit kronis di kemudian hari.

Demi kesehatan yang lebih baik, cobalah camilan sehat seperti buah yang dikeringkan, potongan buah segar, yoghurt, susu rendah lemak, atau kacang-kacangan.

  • Minum cukup air

Pastikan tubuh Anda mendapatkan asupan cairan yang cukup dengan minum air sebanyak 8-10 gelas setiap harinya. Selain air putih, Anda juga mendapatkan sumber cairan dari makanan seperti buah-buahan yang tinggi kandungan airnya, masakan berkuah, sup, dan lain-lain.

  • Sempatkan beraktivitas fisik

 

Menyempatkan waktu untuk berolahraga dapat membantu tubuh tetap sehat dan bugar. Tak hanya membakar kalori, olahraga juga dapat mengurangi stres dan menyegarkan pikiran.

Bila tak punya waktu banyak, Anda bisa memanfaatkan waktu-waktu di kantor untuk aktif bergerak. Misalnya jalan kaki saat keluar makan siang, memilih naik turun tangga ketimbang lift, parkir kendaraan di tempat yang agak jauh agar bisa jalan kaki lebih banyak, dan sebagainya.

  • Prioritaskan pola makan sehat

 

Menu makan yang sehat adalah yang mengandung protein, lemak baik, karbohidrat kompleks, serta vitamin dan mineral. Selain itu, perhatikan juga porsinya, jangan sampai berlebihan.

Untuk jaga daya tahan tubuh, Anda juga dapat menambahkan suplemen Vitamin C. Pilih vitamin C dengan kandungan 1000 mg agar tidak mudah sakit dan juga yang mengandung mineral askorbat sehingga lebih aman di lambung.

  • Jaga kualitas tidur tetap baik

 

Jangan hanya fokus pada durasi tidur, tetapi juga apakah selama tidur Anda terbangun atau tidak. Untuk orang dewasa, waktu tidur yang ideal adalah 6-7 jam tanpa gangguan. 

Bila kurang dari itu, daya tahan tubuh bisa menurun. Jika sering tejadi, risiko penyakit seperti hipertensi, stres, hingga depresi dapat meningkat.

  • Sering-sering lakukan peregangan

 

Faktanya, pekerja kerap mengalami tension neck syndrome (TNS), yaitu sakit leher di bagian otot trapezius akibat terlalu lama duduk atau bertahan dalam satu posisi dalam jangka waktu lama.

TNS bisa menyebabkan sakit di leher, bahu, telapak tangan, dan ketegangan otot. Untuk menghindarinya, Anda disarankan untuk melakukan peregangan ringan tiap 3-4 jam sekali selama bekerja.

  • Menjaga kebersihan

 

Keyboard, mouse, smartphone, benda-benda di meja kerja, atau ruang kerja Anda menampung ribuan kuman yang bisa menyerang kekebalan tubuh kapan saja.

Karenanya, ambil waktu untuk membersihkan benda-benda tersebut dengan desinfektan secara rutin, lalu optimalkan dengan kebiasaan rajin cuci tangan dengan air dan sabun.

  • Sadari kemampuan dan keterbatasan

 

Bila beban kerja akhir tahun menggunung, cara paling penting untuk menjaga kesehatan adalah dengan menyadari kemampuan atau batasan diri, baik fisik maupun psikis. 

Cobalah untuk memperbaiki manajemen waktu, yaitu bekerja dengan lebih efisien. Jangan sampai terlalu diforsir, karena memaksakan diri hanya akan memunculkan masalah.

Kesibukan meningkat saat menghadapi akhir tahun? Tak masalah! Asal, lakukan tips di atas agar Anda tidak mudah sakit dan bisa berlibur tahun baru sesuai rencana dan menutup tahun dengan semangat baru!


Article & product discussion / comment